Bangunan Drainase Desa Adirejo Tahun 2019,diduga menyimpang dari Rab pekerjaan.

Lampung Timur (LantaiNews) – Anggaran Dana Desa Desa Adirejo tahun 2019 hampir selesai pencairannya di hampir seluruh wilayah Lampung Timur, dan sudah direalisasikan untuk pembangunan di Desa masing-masing. 

Sayangnya dari hasil penelusuran awak media LantaiNews beberapa waktu yang lalu, dikecamatan pekalongan kabupaten Lampung Timur, tepatnya didesa Adirejo, pelaksanaan pembangunan drainase sarat dengan penyimpangan, kontruksi bangunan banyak dimanipulasi untuk mendapatkan keuntungan dari selisih waktu pengerjaan dan material yang digunakan untuk bangunan Drainase tersebut. 
Bagian bawah bangunan hanya menggunakan satu lapis batu, dan bagian atasnya baru menggunakan dua lapis batu, sehingga dari luar tidak nampak volume yang dikurangi.karna tertutup tanah dan patokan untuk pengukuranya hanya bagian yang tampak dari luar saja. 
Menurut pekerja yang ada dilokasi bangunan itu sudah sesuai dengan petunjuk dari Tpk Desa adirejo, “disini tidak ada kepala tukang, semua kuli pak, kades namanya pak danar,Tpk jarang datang kesini ,cuma memberi petunjuk aja cara buat bangunannya ya begini sudah bagus pak, kami dibayar 90 ribu perhari, sama semua”ujar pekerja tersebut. 

Sayangnya sampai berita ini dirilis kepala desa Adirejo tidak dapat ditemui, baik dikantor Desa maupun dirumahnya, dihubungi via handphonepun,no beliau tidak aktip, padahal dengan konfirmasi ke beliau diharapkan ada perbaikan bangunan drainase tersebut, sehingga bangunan yang menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tersebut bisa sesuai dengan Rab pekerjaannya. 
 Firdaus Np, ketua Dpd NGO Lantai Lampung Timur berharap agar Dinas terkait bisa Turun dan memantau langsung pengerjaan proyek DD di desa,sehingga pengerjaannya tidak dijadikan ajang mencari keuntungan pribadi, “coba nanti saya berkordinasi, dengan PMD dan Kejaksaan, supaya bisa turun dan memantau langsung kelokasi, supaya pelaksanaannya ga ngawur, dan hanya mengutamakan mengejar keuntungan pribadi semata”.pungkasnya. (edo)

1.017 views

Leave a Comment