Efek Negative minum tuak,bagi Kesehatan tubuh.

LantaiNews.Com – Tuak adalah minuman tradisional hasil fermentasi yang dihasilkan dari pohon nira atau enau yang secara umum pohon ini tersebar luas di kawasan Indonesia.
Sejatinya, tuak mempunyai rasa yang manis dan rasanya cukup nikmat. Tuak juga diklaim memiliki segudang manfaat bagi tubuh jika dikomsumsi secara benar dan tidak berlebihan.
Lain lagi halnya dengan tuak yang telah diproses menjadi pahit. Jika sudah diolah menjadi tuak pahit, maka kandungan alkoholnya akan meningkat dan tentunya jika dikomsumsi secara berlebihan akan menimbulkan efek bahaya bagi kesehatan.
Berikut beberapa efek kesehatan minum tuak pahit secara berlebihan bagi tubuh:
   1. Gangguan Fungsi Hati
Tuak memiliki sifat yang panas dan tajam. Terlalu sering mengkomsumsi tuak dapat menyebabkan penimbunan lemak disekitar liver atau hati.
Akibatnya, tuak mampu mencegah tubuh menghancurkan lemak yang ada di sekitar hati. Endapan lemak ini nantinya akan meningkatkan resiko kerusakan hati atau liver.
2. Asam Lambung / Maag
Minum tuak bisa mengakibatkan seseorang selalu merasa perutnya menjadi kenyang. Tuak juga dapat menurunkan nafsu makan sehingga banyak orang yang mengkomsumsinya dalam keadaan perut kosong.
Mengkomsumsi makanan atau minuman yang sifatnya panas dan bergas saat lambung kosong akan memicu asam lambung meningkat dan resiko timbulnya penyakit maag cukup tinggi.
3. Masalah Jantung
Kandungan yang terdapat dalam air tuak dapat menghambat saluran pembuluh arteri jantung.
Jika pembuluh arteri jantung terganggu, maka jantung akan kehilangan kemampuan dalam memompa darah yang berakibat timbulnya berbagai penyakit di jantung.
4. Gangguan Fungsi Otak
Dalam jangka panjang, mengkomsumsi tuak dapat menyebabkan penurunan daya ingat. Hal ini berkaitan dengan adanya pembengkakan pada jaringan otak akibat peradangan dan pembengkakan sehingga membuat gangguan pada otak.
5. Keguguran
Ibu yang dalam kondisi hamil muda dilarang keras mengkomsumsi tuak karena sifatnya yang panas bisa membakar organ janin. Air tuak tersebut dapat menyebabkan keguguran karena gagalnya pembentukan tubuh janin.(Red)
5.168 views

Leave a Comment