Bupati Lampung Timur Enggan Tanggapi Pertanyaan Wartawan Terkait Carut-marut BPNT

Lampung Timur.LantaiNews.Com.-
Wartawan media online BerantasKriminal.com, berupaya meminta tanggapan Saiful Bokhari selaku Bupati Lampung Timur terkait Carut-marut pelaksanaan kegiatan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Begitu banyak keluhan tentang ketidak puasan para Keluarga Penerima Manfaat (KPM), baik dari sistem pembayaran yang tidak ada kejelasan tentang rincian harga barang, maupun keterlambatan pendistribusian barang, bahkan dugaan pengkondisian beberapa perusahaan yang ditunjuk sebagai suplyer. Bila hal ini terbukti terjadi tentu hal ini melenceng dari akidah program yang sebenarnya, dan jelas-jelas tidak mengacu pada Pedoman Umum (Pedum) yang telah ditetapkan oleh Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Sosial dan kementerian terkait.

Hal itu mendorong beberapa elemen masyarakat serta pihak media untuk turut serta mengawal jalannya program agar dapat tercapai sesuai harapan tanpa merugikan masyarakat, terutama masyarakat miskin yang menjadi sasaran program. Namun sayangnya, upaya wartawan media online BerantasKriminal.com untuk meminta tanggapan sejumlah pihak nampaknya terkesan ditanggapi dingin.

Kepada sejumlah media Ismail Saleh alias Raja Niti menyampaikan, “saya sudah berupaya untuk meminta tanggapan dan keterangan sejumlah pihak terkait temuan-temuan saya dilapangan. Dari Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), Legal Office dan karyawan QC PT.Mubarokah Jaya Makmur, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lampung Timur, Bupati Lampung Timur, bahkan juga ke Staff Khusus Presiden Bidang Sosial. Namun sayangnya, Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari sampai saat ini tidak berkenan untuk memberikan tanggapan. Padahal apa yang saya pertanyakan itu jelas terjadi, sesuai dengan apa yang saya temui di lapangan”, ujar Raja Niti.

Masih menurut Raja Niti, “Bupati sebagai pimpinan tertinggi di Lampung Timur semestinya dapat memberikan tindakan nyata bila suatu program jelas-jelas bermasalah. Ini hanya minta tanggapan saja kok tidak berkenan ya, padahal saya hanya lewat sambungan WhatsApp. Jujur saya sebagai seorang Warga yang menggeluti dunia jurnalistik merasa sedikit kecewa, saya berharap ke Bupati supaya dapat bertindak, apa lagi program BPNT ini sasarannya adalah masyarakat miskin”, kata Raja Niti.

(Murtadho.SE.)

1.408 views

Leave a Comment