Desa Tambah Dadi, gelar Musrenbang tahun 2020.Guna Tampung Aspirasi Warga

Tambah Dadi,Lantainews.com.Desa Tambah Dadi kecamatan purbolinggo kabupaten Lampung Timur, menggelar Musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) desa ,menurut Kepala Desa Tambah Dadi, Prayitno.Musrenbang  adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati rencana kegiatan untuk tahun anggaran berikutnya. Musrenbang desa dilakukan untuk menyusun rencana kerja tahunan pemerintah desa dengan mengacu/memperhatikan rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJM Desa) yang sudah disusun

Musrenbang yang bermakna, akan membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan memotret potensi dan sumber- sumber pembangunan yang tersedia baik dari dalam desa sendiri maupun dari luar desa. Musrenbang adalah forum publik perencanaan (program) yang diselenggarakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa bekerjasama dengan warga dan para pemangku kepentingan. Pembangunan tidak akan bergerak maju apabila salah satu saja dari tiga komponen tata pemerintahan (pemerintah, masyarakat, swasta) tidak berperan atau berfungsi. Karena itu, musrenbang juga merupakan forum pendidikan warga agar menjadi bagian aktif dari tata pemerintahan dan pembangunan.
Dengan kegiatan ini Prayitno berharap aspirasi warga Desa Tambah dadi dapat disampaikan langsung dalam Musyawarah,dan segala masukan, kritik maupun Saran untuk kemajuan Desa bisa ditampung oleh Pemerintah Desa Tambah Dadi.
(Firdaus Np) 
237 views

Leave a Comment