Hujan Deras membuat sejumlah wilayah di Pacitan tergenang Banjir.

Pacitan,Lantainews.com – Hujan deras melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Pacitan sejak Sabtu (3/10/2020) dini hari. Hujan deras tersebut menyebabkan banjir di Kecamatan Ngadirojo.
“Di beberapa titik khususnya di (dusun) Cerbon ada genangan air di area persawahan termasuk di jalan utama,” kata Kepala Pelaksana BPBD Didik Alih Wibowo.

Diakui Didik, genangan memang terpantau di sejumlah wilayah lain. Tak terkecuali permukiman warga. Hanya saja, luapan air bersifat sementara dan sebagian sudah surut.

“Tadi pagi waktu kami datang sebagian (rumah) warga memang tergenang, dalam proses pembersihan. Genangannya sudah tidak tinggi,” tambahnya.

Air hujan tak hanya menggenangi persawahan namun juga mengenai permukiman. Sejumlah foto terkait kondisi di lokasi juga beredar di media sosial.

Selain berdampak banjir, hujan juga menyebabkan longsor di sepanjang jalur antarkecamatan Ngadirojo-Tulakan. Tebing longsor juga dilaporkan terjadi di Kecamatan Tulakan.

“Ada longsoran sedikit-sedikit tapi kendaraan bisa lewat. Kemudian ada satu titik tiang listrik terganggu,” tuturnya.

Didik mengatakan sesuai prakiraan BMKG sebenarnya hari ini cuaca Pacitan cerah berawan. Namun kenyataannya hujan justru turun. Hal itu diduga terjadi karena perubahan cuaca seketika.

Didik pun mengimbau masyarakat tetap tenang namun tetap mengedepankan mitigasi. Salah satunya dengan mengenali tiap gejala yang terjadi.

“Mulailah mengenali lingkungan termasuk membersihkan sampah di sekitar kita sebagai bentuk mitigasi,” pungkas(yulinda)

171 views

Leave a Comment