Fun Off Road Arjuna, Wisata “Anti-mainstream” di Kabupaten Malang

Malang,lantainews.com – Rekreasi dan konservasi alam, sekaligus memacu adrenalin menjadi pilihan wisata anti-mainstream yang patut dicoba saat berada di kabupaten Malang, Jawa Timur.

Lokasinya ada di area taman nasional gunung arjuna yang dikenal memiliki trek menantang serta pemandangan alam yang memesona.

Untuk menjajal wisata ini, wisatawan cukup menyewa jeep dan memilih paket yang disediakan oleh penyedia jasa wisata ‘Fun Offroad’, salah satunya milik KJF Adventure di ,Perumahan BMW Blok c 17. Kelurahan Pandan Wangi, Kecamatan Blimbing,

Perjalanan naik mobil jeep dimulai dari Res Area Karangploso menuju area Taman Nasional Gunung Arjuna, kawasan Gunung Gempal. Rute yang harus dilalui sekitar 8 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 – 45 Menit.

Jarak yang panjang tidak akan membuat wisatawan jenuh. Mereka justru akan merasakan petualangan yang seru dan menantang. Melewati jalan setapak di pedesaan dengan hamparan pemandangan perkebunan warga nan hijau.

Lalu berlanjut melewati jalan terjal bebatuan menuju area Hutan, Pemandangan yang menakjubkan namun juga miris.

Tebing-tebing menjulang tinggi, serpihan-serpihan batu berserakan, pohon kopi serta hijaunya buah Apel serta beraneka sayur mayur akan menjadi saksi eksploitasi alam Arjuna secara masif.

“Semula kawasan ini hanya hutan saja. Ini adalah salah satu upaya kami untuk menjadikan Lereng Arjuna sebagai kawasan wisata Nasional,” kata Achmad Bardanie, Inisiator Arjuna Adventure dan Karlos Jip Famili (KJF) Minggu (13/12/2020) di kediamanya.

Perjalanan berlanjut menuju area hutan Taman Nasional Gunung Arjuna. Melewati pertanian yang menghijau,, antara lain, Cabe, Kentang, Tomat, Wortel, ada juga buah buahannya lo, Apel, Jeruk, Alpukat.

Keasrian dan kesegaran begitu terasa karena pohon-pohon pinus serta vegetasi khas Arjuna di kawasan ini masih terjaga.

Lelah menikmati perjalanan, wisatawan akan diajak berisirahat di kawasan Gunung Mujur dan Gunung Gempal.

Di lokasi ini kita akan di sambut view yang luar biasa, penmandangan yang menakjubkan sebuah perjalanan yang akan jadi sejarah dalam hidup kita.

Sebelum petualangan berakhir, wisatawan terlebih dahulu melakukan konservasi alam dengan menanam pohon atau berkemah di Gunung Mujur, yakni kawasan para wisatawan untuk melihat langsung view Malang dan Kota Wisata Batu.

Di lokasi berketinggian sekitar 1400 sampai 1600 meter dari permukaan laut ini wisatawan juga bisa menikmati dinginya kabut, dan tentunya kalau malam hari, kabut akan menyatu dengan kita.

Achmad memaparkan, Arjuna Adventure menawarkan paket Fun Off Road, yang artinya wisatawan tidak hanya akan mendapatkan sensasi off road yang memacu adrenalin akan tetapi juga bersenang-senang menikmati pemandangan alam Taman Nasional Gunung Arjuna.

Konsep Fun Off Road lebih ke trek yang tidak terlalu ekstrem, aman untuk wisatawan, dan didampingi oleh pemandu-pemandu profesional. Kami juga melibatkan relawan-relawan Arjuna yang kita ambil dari warga sekitar” ujar Fajar.

Sejak dikembangkan sekitar setahun lalu, lanjut Achmad, paket wisata Fun Off Road Arjuna semakin banyak peminat, tidak hanya wisatawan lokal tapi juga luar daerah.

Achmad menambahkan, pengembangan wisata di lereng Arjuna ini menjadi alternatif wisata di Kabupaten Malang yang selama ini hanya tertuju pada Pantai Selatan. Diharapkan pula wisatawan bisa tinggal lebih lama di Kabupaten Malang

Di sisi lain, Achmad juga memiliki misi edukasi dan penyelamatan lingkungan Arjuna dari kerusakan dengan cara pengembangan pariwisata.

“Di lereng Gunung Arjuna masih banyak perlu sentuhan tangan tangan pemerintah maupun swasta, dengan di kembankanya Destinasi wisata, ini akan mampu membuka lapangan pekerjaan dan menumbuhkan pendapatan desa”. Pungkasnya

Pewarta : Yulinda

130 views

Leave a Comment