Petani se-kecamatan Batang Hari Mempertanyakan Pupuk Dengan Gapoktan tak kunjung cukup.

Lampung Timur,lantainews.com.-Kelangkaan pupuk Bersubsidi jenis Orea dan Phonska di pertanyakan warga desa Adiwarno Pupuk tersebut belum mencukupi untuk pemupukan di lahan persawahan dan peladangan yang ada di Desa Adiwarno kecamatan Batanghari kabupaten Lampung timur pada musim tanan (MT, 1. Ya itu musim tanam rendeng dan kemanakah sebagian pupuk bersubsidi Ter sebar.

Ini di keluhkah oleh warga sekitar desa Adiwarno yang juga namanya udah terdaftar Di (E,RDKK ber- nama Sugiman

Untuk itu dari Awal Media mencari keterangan dari ketua Gapoktan Desa Adiwarno,Bagiyo
Dia menerangkan,” bahwa penyediaan pupuk bersubsidi berdasarkan pengajuan E,RDKK,Dan luas Tanah 490,86 Hektar.

Lebih lanjut ,jatah pupuk Urea untuk musim tanan ini cuman di kirim.24 ton.dan phonska jatah 32 ton.untuk saat ini phonska masih di kirim 16 ton dan untuk Urea tidak ada pengiriman lagi.”Ada pengiriman lagi jatah tanam Gadu.MT II)

Maka dari itu untuk pengiriman pupuk jatah Gadu ,kami minta untuk dikirim tanam rendeng saat ini.supaya dari pihak masyarakat tidak kesulitan pupuk. kata Bagiyo.

Di sampaikan Pengecer pupuk desa Adiwarno Like ,Kami kebingunan untuk membagikan pupuk ke kelompok kelompok yang ada di desa kami ,Karna pengiriman pupuk di desa kamini Gak mencukupi Banyak pengurangan Tapi tetap ku salurkan,paparnya

Ditambahkan Ashari Ketua Kordinator penyuluh(KORLUH) kecamatan Batanghari dia menerangkan bahwa penyaluran pupuk bersubsidi untuk di kecamatan Batanghari sesuwei Luas lahan E,RDKK masing masing desa yang ada Di sekitaran kecamatan Batanghari cuman Ada pengurangan,Dari biyasanya persatu hetar untuk penyediaan pupuk khusus OREA 250,% ,sekarang berkurang cuman 150%.

Raefal selaku PPL 2 desa Adiwarno dan desa Rejoagung penyediaan pupuk untuk MT 1 ,untuk di desa Adiwarno OREA 24 ton dan PHONSKA 50 ton.untuk PHONSKA yang sudah terelasa di/pengiriman sudah 16 ton, kata PPL.jelasnya

Lebih lanjut di sampaikan oleh Yoyok selaku distributor kecamatan Batanghari.

Terkait kekurangan permasalahan pupuk untuk di desa Adiwarno,hari ini Selasa 2)2/21)Barusan ku kirim lagi PHONSKA .dan untuk OREA pengiriman Masih kurang.jadi total keseluruhan pupuk UREA untuk desa Adiwarno 24 Ton ( 480 SAK.)

Karna pengiriman pupuk bersubsidi kita ini sebagai distributor mengikuti pengajuan E,RDKK Dari KORLUB kecamatan Batanghari dan kenapa ko bisa kurang. Dan Kalo menurut saya bisa untuk mencukupi kekurangan pupuk di desa Adiwarno untuk MT II di Tarik untuk mencukupi para petani MT I.Karna untuk MT II kurasa tidak ada penanaman ,ada penanaman mungkin tidak 100% Karna masih dalam perbaikan irigasi, tutupnya.(Samsul)

242 views

Leave a Comment