Terkait polemik Kandang Ayam,warga Siraman dan pemilik kandang lakukan Musyawarah.

Lampung Timur,lantainews.com – Musyawarah terkait permasalahan kandang yang berada di desa siraman dusun 2 RT 05 kecamatan Pekalongan kabupaten Lampung timur, antara pihak pemilik kandang yang dan pihak warga masyarakat yang di wakilkan kepada Lembaga sosial masyarakat (LSM) Pijar keadilan Lampung Timur mencapai mufakat.

Masyarakat melalui LSM Pijar keadilan meminta kepada pemilik kandang supaya bisa mengabulkan apa yang menjadi tuntutan warga terdampak, dikediaman Purwito perwakilan warga, selasa ,16/3/2021

Muklis,SH menyampaikan tuntutan warga terdampak ada 4 poin yang harus di laksanakan oleh pemilik kandang

“Pemilik kandang harus bisa meminimalisir bau dari kandang ayam, 2 corporate social responcibility (CSR) diminta setahun 3 kali dalam bentuk sembako, 3 mengurangi penyebaran lalat,4 untuk pengelolaan limbah kotoran ayam diserahkan kepada kelompok karang taruna” terangnya

Dari hasil tuntutan warga ini Alhamdulillah diterima oleh pihak pemilik kandang yang di kuasakan kepada Yudiansyah,SH

Setelah melakukan musyawarah di dusun 2 (dua)RT 5 (lima) . Desa siraman kecamatan pekalongan lampung timur Antara warga desa siraman terutama Warga dusun 2 (dua) dalam hal ini warga diwakilkan LSM Pijar keadilan yang di ketuai oleh bapak Muklis SH dan pemilik kandang dalam hal ini Di wakil kepada kuasa Hukumnya bapak Yuriyanzah SH. Dan dari aparatur desa yang di hadiri bapak kepala desa sendiri bapak Ismu prayitno.Musyawarah yang dilaksanakan pada hari selasa tanggal 16 maret 2021. Di kediaman bapak Purwito selaku perwakilan warga.

Hadir dalam musyawarah tersebut bapak kepala desa siraman bapak Ismu prayitno. Ketua LSM Pijar keadilan lampung timur bapak Muklis SH.
Dalam hal ini ketua LSM pijar keadilan mewakili warga dusun 2 ( dua). Sebagai perwakilan dari warga. Kepala bidang Hukum pijar keadilan bapak Adi surya SH. Team investigasi pijar keadikan. bapak Nurhadi, bapak Hasan basri, bapak Arman suhada SH, bapak Samsul bahri. Dan bendahara pijar keadikan bapak Wanda . Serta bapak Purwito salah satu perwakilan warga.

Dari musyawarah tersebut team investigasi pijar keadilan. Mengapresiasi 4( empat ). Tuntutan warga dusun 2( dua) desa siraman kepada pemilik kandang peternakan ayam petelur. Yakni bapak Edi Susanto. Adapun tuntutan warga tersebut:.
1. Meminimalisir adanya bau tak sedap di lingkungan warga.
2.. mengurangai/ membasmi lalat di lingkungan warga.
3. CSR (corporate social responcibility). Di Minta di bagi setahun 3 (tiga) Kali.
4. Pengolahan limbah tahi ayam. Di minta kepada peternakan supaya di koordinir karang taruna desa siraman

Menanggapi tuntutan warga desa siraman tersebut ketua pijar keadilan Muklis SH.dan kepala desa Siraman Ismu prayitno . Langsung berkoordinasi. Dan menyepakati tuntutan warga untuk segera di sampaikan kepada pihak peternakan ayam petelur bapak Edi Susanto. Selaku pemilik.

Dan selanjutnya ketua LSM Muklis SH. Segera menyambangi bapak Yuriyanzah SH. selaku kuasa hukum bapak Edi Susanto. Di kediamannya di desa pekalongan kecamatan pekalongan lamtim. Untuk menyampaikan ke empat tuntutan warga dusun 2( dua,) desa siranan.

Menanggapi tuntutan tersebut bapak Edi Susanto. Yang di wakili kuasa hukumnya bapak Yuriyanzah SH. Menyetujui ke empat tuntutan warga desa siraman. Dan lebih lanjut bapak Yuriyanzah SH.
Mengucapkan terima kasih. Kepada LSM pijar keadilan yang telah membantu penyelesaian permasalan kasus ini.

Hadir pula dalam pertemuan di rumah bapak Yuriyanzah SH. kepala unit (kanit) Babinkantibmas polsek Pekalongan. Bapak AIPTU Sapta. mendampingi Bapak kapolsek pekalongan IPTU Rahadi. Beliau berharap dengan sudah adanya penyelesaian ini. Semoga kedepan tidak ada lagi pergolakan dan perpecahsn di masyarakat. Serta mengapriasi LSM pijar keadilan. Yang membantu penyelesaian permasalahan ini. (Samsul)

303 views

Leave a Comment