Harga singkong hancur,Gubenur Lampung langsung bergerak Cari Solusi

Bandar Lampung,Lantainews.com -Gubernur Lampung Ir.Arinal Djunaidi tidak hanya diam mensikapi keluhan masarakat lampung dengan rendahnya harga singkong .

Buktinya, Gubernur lampung Arinal segera mengambil langkah kongrit dengan membuat kesepakatan dengan para pengusaha2 tapioka di Propinsi Lampung.
Langkah2 kongrit ini dilakukan dengan memanggil para pengusaha Tapioka di Mahan Agung dan membuat kesepakatan bersama menyangkut rendahnya harga singkong..pada hari rabu24/03/2021.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi,langsung menekan kesepakatan menyangkut harga singkong bersama pengusaha tapioka dan termasuk ketua Kontak tani nelayan andalan( KTNA)provinsi Lampung.

isi dari kesepakatan antara lain.penprov lampung.kabupaten.dan semua instansi terkait telah menyepakati besama.sama para pengusaha tapioka untuk meningkatkan produksi serta produktifitas singkong ayau ubi kayu dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan para petani singkong di wilayah propinsi lampung.

dari hasil kesepakatan ahirnya para pengusaha tapioka menyepakati dan akan melakukan keterbukaan transaksi jual beli ubi kayu atau singkong,dengan menggunakan peralatan2 pengukur kadar aci /pati yang akurat dan bisa diketahui kedua belah pihak.

para pengusaha tapioka menyepakati dan akan melakukan kemitraan serta kerjasama yang saling menguntungkan dengan para petani ubi kayu diwilayah lampung.
Pengusaha Tapioka telah menyepakati harga pembelian ubi kayu minimal Rp900/kg dari petani di provinsi Lampung,dengan refaksi maksimal 15 persen.

Para pengusaha Tapioka juga telah menyepakati akan membentuk forum komonikasipara pengusaha Tapioka propinsi Lampung sebagai wadah untuk mempermudah koordinasi.Penprov Lampung melalui instansi terkait akan melakukan penyuluhan2 dan pembinaan2 serta pengawasan dalam pengembangan ubi kayu berkaitan kwalitas dan kontinuitas produksi ubi kayu di lampung.Dengan perhatian serta upaya dari Gubernur Lampung Bp Arinal KTNA dan pihak terkait semoga bisa membantu dan mendongkrak pendapatan para petani singkong yg selama ini telah dirasakan merugi dengan hancurnya harga ubi kayu di lampung.

(P.Eri kuswoyo)

161 views

Leave a Comment