Satu orang Tewas dan puluhan Luka -luka akibat tabrakan beruntun di Kali Jambe.

Purworejo.lantainews.com – peristiwa laka lantas beruntun terjadi di tanjakan Dusun Gamblok Desa Kalijambe Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo, Kamis (8/4) sore. Tiga kendaraan terlibat kecelakaan hingga mengakibatkan seorang bernama Romadon (17) meninggal di lokasi kejadian, sedangkan puluhan luka-luka.

Menurut sejumlah warga, kecelakaan bermula dari truk trailer AA 1757 AP yang melaju dari arah Magelang, mengalami rem blong ketika menuruni tanjakan di Desa Kalijambe. Memasuki jalan menurun dan menikung di Dusun Gamblok, truk hilang kendali dan menabrak dinding pembatas jalan di sisi kiri. “Truk kemudian belok kanan dan menabrak truk dan mobil minibus yang melaju dari arah berlawanan,” kata warga Kalijambe, Kiki Ananda, kepada Awak media

Truk AA 1425 NK yang sarat penumpang dan minibus B 1017 CMO terdorong truk trailer, lalu berhenti setelah menabrak tebing di kanan jalan. Puluhan penumpang truk yang terdata sebagai santri pondok pesantren di Watukarung Kajoran Magelang terluka, seorang diantaranya meninggal dunia.

Sejumlah warga yang berada di lokasi kejadian segera menolong para korban. Sebanyak 20 Korban luka ringan dirawat di RSI Loano, sedangkan satu korban meninggal dan lima luka berat dilarikan ke RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo. “Kebanyakan korban berasal dari penumpang yang naik di bak truk, sepertinya mereka rombongan santri,” ungkapnya.

Kecelakaan juga menyebabkan kemacetan panjang di Jalan Raya Purworejo – Magelang. Bak trailer melintang jalan sehingga akses jalan tidak dapat dilalui kendaraan.

Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito SH SIK MSi, saat meninjau lokasi kejadian mengatakan, prioritas utama petugas adalah mengevakuasi dan menyelamatkan para korban. Setelah dilakukan dalam waktu cepat, katanya, petugas dibantu relawan dan masyarakat mengevakuasi badan kendaraan.

Badan trailer bisa dipindah dan arus lalu lintas mulai terurai menjelang petang. “Proses pembersihan terus dilakukan, sehingga kemacetan tidak berlangsung lama. Sebab jalur itu merupakan akses utama dari Purworejo menuju Magelang dan kota-kota lain di bagian utara,” terangnya.

Kapolres mengimbau pengguna jalan akses Purworejo – Magelang waspada ketika melintasi akses itu. “Jalan ini dikenal jalur tengkorak karena banyak tikungan dan turunan tajam. Maka harus hati-hati serta selalu mengecek kondisi kendaraan sebelum melewatinya,” tegasnya.(red)

130 views

Leave a Comment